Perjalanan Unik Mahasiswi Semester Akhir Ma’had UMSIDA (Universitas Muhammadiyah Sidoarjo) yang Menyelesaikan Skripsi Juga Mengabdi di Suatu TPQ

 


Sidoarjo - Siti Ubaidah, Mahasiswi semester akhir Ma’had UMSIDA (Universitas Muhammadiyah Sidorjo) jurusan Bahasa Arab, yang saat ini tidak hanya  fokus pada menyelesaikan skripsi , tetapi juga mengabdi di sebuah TPQ dan juga masih menjalani perkuliahan setiap hari. Kombinasi antara kewajiban akademik dan pengabdian sosial ini memberikan kesan unik pada perjalanan mahasiswi ini.

Mahasisiwi ini tidak hanya menghadapi tekanan akademik dalam menyelesaikan skripsi, tetapi juga keseimbangan dengan pengabdian nya di TPQ. Hal ini membuat mahasisswi ini merasa tertekan dan  merasa lelah. “Jujur, perasaan saya campur aduk. Memang menantang menjalani semester akhir, terutama dengan beban skripsi yang cukup besar. Sementara itu, pengalaman magang di TPQ memberikan sentuhan nyata pada perjalanan akademik saya, walaupun kadangkala melelahkan”. Ujar Siti Ubaidah, Selasa (12/12/2023)

Salah satu mahasiswi Ma’had UMSIDA, Siti Ubaidah, menyampaikan bahwa perjalanan magang di TPQ memberinya perspektif yang mendalam tentang bagaimana pentingnya penguasaan Bahasa Arab dalam pemahaman Al-Qur'an. "Saya tidak hanya belajar dari buku teks, tetapi juga dari interaksi langsung dengan anak-anak di TPQ. Hal ini membuka mata saya tentang dampak positif yang bisa saya berikan melalui pengetahuan Bahasa Arab." Ujar Siti Ubaidah, Selasa (12/12/2023)

Meskipun perjalanan ini penuh dengan tantangan dan jadwal yang padat, mahasiswa semester akhir ini menganggapnya sebagai modal berharga untuk menggabungkan pengetahuan akademis dengan kontribusi nyata pada masyarakat. Dengan membawa pengetahuan Bahasa Arab ke lingkungan TPQ, Ia berharap dapat memberikan dampak positif dan membantu meningkatkan kualitas pendidikan.

Perpaduan antara tugas akademis dan magang di TPQ menciptakan cerita baru tentang peran mahasiswa semester akhir ini. Karena, tidak hanya mengejar gelar, tetapi juga memperkaya pengetahuan mereka dengan pengalaman langsung dengan memberikan dampak positif pada pendidikan di tingkat dasar, dan membangun pondasi kuat untuk karir mereka di masa depan.


(SRA)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

DIKLAT UKORDA VIII UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SIDOARJO 2023

PENYEBAB VIRUS INFLUENZA (FLU) DAN TIPS MENGATASINYA

Pembagian buku tabungan mahasiswa penerima KIP di UMSIDA pada kamis 7/12/2023