MAHASISWA UMSIDA MELAKUKAN KEBAIKAN DI BULAN RAMADHAN


 Sabtu (23/4/2022) terlihat mahasiswa Prodi Teknik Elektro UMSIDA di sekitar depan Kampus UMSIDA 2, Jl. Raya Gelam, Pagerwaja, Gelam, Kec. Candi, Kabupaten Sidoarjo melakukan kegiatan berbagi takjil di bulan ramadhan ini dengan rasa semangat dan juga ramah senyum kepada pengguna jalan khususnya yang mau melakukan buka puasa.


Bulan Ramadhan adalah bulan yang sangat baik untuk melakukan kebaikan dan berbagi dengan sesama. Menurut Islam, berbagi kebaikan pada bulan Ramadhan sangat dianjurkan. Pada bulan ini, kita dianjurkan untuk lebih giat melakukan kebaikan termasuk kebaikan berbagi kepada siapa saja terutama mereka yang berhajat. 


Dalam agama Islam, berbagi kebaikan dianggap sebagai tindakan luhur yang mendapat penghargaan tinggi. 

Allah SWT menciptakan dunia dan isinya atas dasar kasih sayang. Diutusnya Rasulullah Saw dengan agama Islam merupakan satu bukti logis akan hal tersebut. Sudah sepatutnya kaum muslim saling peduli. Dengan indahnya berbagi kebaikan, kasih sayang akan dirasakan penduduk bumi. Dengan bekal akal yang Allah berikan, sebenarnya manusia bisa memahami itu semua. Namun jika nafsu yang lebih dominan pada seorang manusia, fungsi akal akan tertutup. Hidup mementingkan diri sendiri merupakan bagian dari ketamakan. Berbagi adalah salah satu wujud kepedulian sesama. Rasulullah Saw sebagai rahmat bagi semesta alam telah mencontohkan kepedulian. Baik muslim maupun non muslim, di mata beliau sama saja. Sesama makhluk hidup harus hidup saling peduli dengan berbagi. Beliau Saw menegaskan hal ini dengan sabdanya, “Dan sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi manusia lainnya.” (HR At-Thabrani no.5787) Apa yang telah beliau lakukan tentu sebaiknya juga dilakukan oleh umatnya.


Berbagi tidaklah harus dengan harta, namun sesuai kemampuan yang dimilikinya. Indahnya kebersamaan dan saling berbagi merupakan satu langkah untuk mengundang keberkahan Allah dalam hidup ini. Allah Ta’ala telah memaklumkan makhluknya untuk melakukannya. Allah berfirman dalam surat Al-Hadid ayat 7 yang artinya, “Berimanlah kamu kepada Allah dan Rasulnya. Dan nafkahkanlah sebagian dari hartamu yang Allah telah menjadikan kamu menguasainya. Maka orang-orang beriman di antara kamu dan menafkahkan sebagian dari hartanya memperoleh pahala yang besar.”


Semoga di tahun yang akan datang ini akan ada kegiatan seperti ini dan bisa lebih meriah lagi khususnya dengan konsep yang lebih banyak lagi." tutur kata dari salah satu mahasiswa yang mengikuti kegiatan tersebut.


(KN)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

DIKLAT UKORDA VIII UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SIDOARJO 2023

PENYEBAB VIRUS INFLUENZA (FLU) DAN TIPS MENGATASINYA

Pembagian buku tabungan mahasiswa penerima KIP di UMSIDA pada kamis 7/12/2023