Ilmu Komunikasi Itu Jurusan Yang Masa Depannya Nggak Jelas

 


Kenapa sih jurusan ini dijadikan sebagai jurusan yang masa depannya tidak jelas? 


Karena hampir semua bidang bisa diisi anak ilmu komunikasi. Jurusan ini tidak seperti jurusan kedokteran yang lulusannya menjadi dokter, banyak bidang yang bisa diisi alumnus ilmu komunikasi ini karena beberapa alasan berikut:

 

1. Fleksibilitas: Ilmu komunikasi adalah bidang yang sangat luas dan fleksibel. Lulusan bisa bekerja di berbagai industri, dari media dan pemasaran hingga hubungan masyarakat dan teknologi informasi. Ini bisa membuat beberapa orang merasa bingung atau tidak yakin tentang apa yang mereka ingin lakukan setelah lulus.


2. Perubahan Teknologi: Teknologi terus berubah, dan ini berdampak pada bidang ilmu komunikasi. Misalnya, banyak pekerjaan di media dan jurnalisme yang telah berubah atau bahkan menghilang karena perkembangan teknologi digital. Namun, ini juga berarti ada banyak peluang baru di bidang ini.


3. Persaingan: Seperti banyak bidang lainnya, ilmu komunikasi bisa sangat kompetitif. Banyak lulusan berjuang untuk mendapatkan pekerjaan di bidang yang mereka inginkan. Namun, dengan keterampilan yang tepat dan sedikit usaha, banyak lulusan ilmu komunikasi yang berhasil menemukan pekerjaan yang memuaskan.


Jurusan ini memiliki cakupan yang luas, saat masih menjadi mahasiswa harus dituntut untuk bisa public relation hingga editing. kalau masih mempelajari dasarnya saja memang bagus, tapi kalau masuk jenjang karir, bidang itu cukup sulit. 


Maka dari itu saat kalian masih menjadi mahasiswa tentukan masa depan kalian secara benar-benar. Jangan sampai terlalu banyak pilihan sehingga jadi seorang generalis yang tidak punya minat bakat dan ambisi, nanti malah jadi alumnus yang "nggak jelas" beneran masa depannya.


(EOW)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

DIKLAT UKORDA VIII UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SIDOARJO 2023

PENYEBAB VIRUS INFLUENZA (FLU) DAN TIPS MENGATASINYA

Pembagian buku tabungan mahasiswa penerima KIP di UMSIDA pada kamis 7/12/2023