Cerita dibalik Pintu Air Jagir Yang Masih Berdiri Hingga Saat Kini

 

SURABAYA - Pintu Air Jagir merupakan pintu air yang terletak di Jagir Wonokromo kota Surabaya, Provinsi Jawa Timur yang telah ditetapkan sebagai salah satu cagar budaya Indonesia, dan salah satu dari beberapa jenis peninggalan pada masa Belanda, bangunan pintu air jagir selesai pada tahun 1917. Yang menjadikan lokasi pertempuran antara pasukan Tar-Tar dari tiongkok dengan kerajaan Majapahit.


Peresmian bangunan ini dilakukan pada tahun 1996, keputusan penetapannya secara hukum berdasarkan kepada surat keputusan Walikota Surabaya nomor 188.45/251/402.1.04/1996. Hingga saat ini pintu air jagir menjadi tempat filter air di kawasan jagir Wonokromo dan bangunan ini masih aktif dan juga perawatannya tetap terjaga.


Meskipun beberapa warga lokal setempat mengeluarkan rumor tentang siluman buaya putih yang memakan korban di pintu air tersebut, namun rumor tersebut dapat dibantah karena kondisi aliran sungai disekitar bendungan sangatlah deras, pemerintah setempat pun memberikan himbauan dan papan peringatan larangan berenang di sungai tersebut.



(MN)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

DIKLAT UKORDA VIII UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SIDOARJO 2023

PENYEBAB VIRUS INFLUENZA (FLU) DAN TIPS MENGATASINYA

Pembagian buku tabungan mahasiswa penerima KIP di UMSIDA pada kamis 7/12/2023