ALUN ALUN DI TENGAH KOTA PASURUAN


Pasuruan atau yang dikenal dengan kota santri ini selain memiliki beberapa pesantren terkenal yang ada di sana juga memiliki ikon yang sangat indah yakni Alun-Alun di pusat Tengah kota apalagi saat malam hari menjadikan alun-alun ini sebagai tempat bersantai orang-orang yang ada disana, Senin (1/1/2024) malam.


Secara gambaran, Alun-alun ini berbatasan dengan Masjid Jami’ Al Anwar di sebelah barat. Masjid ini serasa menjadi saksi lahirnya alun-alun kota Pasuruan, karena sudah lebih dulu berdiri sejak 5 abad lalu. Secara geografis, alun-alun kota ini terletak tidak jauh dari Pantai Utara Jawa, sekitar 3 Km kearah utara.


Alun-alun kota Pasuruan ini memiliki ciri khas identik dengan sebuah taman yang asri, dimana terdapat beberapa tanaman hias, rerumputan, bangku taman dan jogging track. Alun-alun ini ramai dikunjungi saat pagi dan sore hari, dan akan semakin ramai saat diadakannya gelaran acara di sekitar alun-alun. Ditambah lagi, terdapat peziarah yang selalu ramai mengunjungi makam salah satu tokoh ulama penting di Pasuruan, KH Abdul Hamid, yang terletak di belakang Masjid Jami’ Al Anwar.


Tidak jauh dari alun-alun terdapat pula beberapa pusat perbelanjaan baru yang bermunculan di kota Pasuruan, yang mendatangkan banyak kunjungan tiap harinya. Secara otomatis, para pengunjung yang ingin bersantai pun akan mendatangi alun-alun kota untuk melepas penat.


”Pasuruan sekarang menjadi tempat yang paling nyaman dan suasananya enak untuk berlibur dengan keluarga, Selain untuk tempat bersantai disini juga memiliki taman bermain yang luas untuk anak-anak.” Kata Agus salah satu pengunjung.


Selain itu disekitar alun-alun terdapat beberapa penjual makanan dan minuman yang bisa dinikmati sambil berteduh di sekitar alun-alun. Setiap pengunjung diharapkan untuk tetap bisa menjaga kebersihan taman dengan membuang sampah pada tempatnya, sembari menjaga keasrian kota dengan baik.



(KN)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

DIKLAT UKORDA VIII UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SIDOARJO 2023

PENYEBAB VIRUS INFLUENZA (FLU) DAN TIPS MENGATASINYA

Pembagian buku tabungan mahasiswa penerima KIP di UMSIDA pada kamis 7/12/2023